PDAM Danum Taka PPU Akan Merubah Status Menjadi Perumda

PENAJAM – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Danum Taka Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) akan melakukan transformasi perubahan badan hukum menjadi Perusahaan Umum Daerah (Perimda) Danum Taka, Hal tersebut diungkapkan Direktur PDAM Danum Taka PPU Abdul Rasyid pada saat rapat bersama dengan Pansos dan Anggota DPRD PPU.

 

“Perubahan tersebut merujuk pada peraturan Pemerintah No 54 Tahun 2017 tentang Badan Usaha Mili Daerah (BUMD). Jadi kami juga sudah menyepakati penyesuaian itu dari Perusda menjadi Perumda Danum Taka, “kata Direktur PDAM Danum Taka PPU Abdul Rasyid.

 

Ia juga mengatakan dalam rapat tersebut juga disampaikan hasil finalisasi draft rapat bersama yakni perubahan badan hukum pada lembaga PDAM dalam aturan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 5 Tahun 2005 menjadi Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 54 Tahun 2017 Tentang BUMD.

 

Selain itu, Ia juga mengungkapkan perbedaan antara Perseroda dan Perumda. Kalau untuk Perseroda akan melibatkan pihak ke-3 dalam Proses Perencanaan pembangunan, sedangkan Perumda akan diberikan hak kepemilikan oleh daerah.

 

“Saat ini yang tepat itu adalah Perumda karena sepenuhnya milik daerah,” ucapnya.

 

Rasyid juga menjelaskan alasan dengan adanya perubahan tersebut karena di baguan dari penyesuaian tersebut sesuai dengan PP Nomor 54 Tahun 2017 tentang BUMD.

 

“Dengan point itulah yang menjadi misi utama dari, karena didalamnya Pemda diharuskan segera merubah paling lambat dalam waktu tiga tahundari aturan yang telah di terbitkan. Daan dalam rapat itu sesuai dengan hasil kesepakatan pilihannya adalah Perumda,”pungkasnya. (mad/red)

Post Author: pena kaltim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *