Program Goes To School, KPU Balikpapan Sambangi 3 Sekolah Sekaligus

Balikpapan – KPU Kota Balikpapan melakukan sosialisasi yang bertema KPU Goes To School (GTS) di tiga sekolah sekaligus yang ada di Kota Balikpapan, Senin (13/01/2019).

Ke 3 sekolah yang dijadikan sasaran sosialisasi itu adalah SMA Negeri 4 Balikpapan, SMA Negeri 5 Balikpapan dan SMK Negeri 6 Balikpapan di saat upacara bendera yang rutin dilaksanakan pada setiap hari Senin.

Komisioner KPU Kota Balikpapan bertugas menjadi pembina upacara. Hal ini berbeda pada upacara hari Senin pada umumnya, yang biasanya pembina upacara selalu dilakukan oleh Kepala Sekolah atau salah seorang guru dari sekolah tersebut.

Seperti di SMA Negeri 5 Balikpapan, Komisioner KPU Kota Balikpapan Syahrul Karim menjadi pembina upacaranya. Dalam amanatnya, Syahrul menyampaikan kepada seluruh peserta upacara, bahwa pada tanggal 23 September 2020 mendatang akan ada Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Balikpapan. Dan saat ini KPU Kota Balikpapan sedang menjalani tahapan tahapan dalam proses pemilihannya. “KPU Kota Balikpapan saat ini sedang memasuki tahapan menjelang Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Balikpapan. Dan pemungutan suara jatuh pada 23 September 2020,” ujar Syahrul Krim.

Syahrul juga berpesan kepada seluruh siswa, bahwa bagi siswa yang sudah berusia 17 tahun dan memiliki KTP Elektronik atau Surat Keterangan (Suket) pada tanggal 23 September nanti, sudah memiliki hak untuk memilih. Untuk itu ia berpesan agar para siswa benar benar memanfaatkan hak pilihnya dalam memiliki walikota dan wakil walikotanya.

Usai upacara bendera dilaksanakan, KPU Balikpapan juga melakukan quiz kepada seluruh siswa. Di mana bagi siswa yang bisa menjawab pertanyaan dari komisioner KPU Kota Balikpapan mendapatkan souvenir berupa boneka maskot Pilkada Kota Balikpapan Tahun 2020. Saat itu antusias siswa terlihat sekali, hanya hitungan detik saja, beberapa siswa maju ke depan setelah komisioner mengajukan satu pertanyaan kepada mereka.

Selain di SMA Negeri 5 Balikpapan, KPU Kota Balikpapan juga melakukan sosialisasi GTS di SMA Negeri 4 Balikpapan dan SMK Negeri 6 Balikpapan. Di SMA Negeri 4 Balikpapan yang menjadi pembina upacara adalah Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha. Di hadapan ratusan siswa di sekolah tersebut Noor Thoha menyampaikan pesan, bahwa bagi siswa yang sudah berusia 17 tahun atau pada saat pencoblosan 23 September 2020 mendatang sudah berusia 17 tahun, sudah memiliki hak untuk memilih. “Saya berpesan bahwa kalian yang sudah berusia 17 tahun atau pada saat pencoblosan nanti sudah 17 tahun, sudah bisa memilih dan yang wajib diingat adalah kalian sudah memiliki KTP Elektronik serta masuk ke Daftar Pemilih Tetap atau DPT,” ujar Noor Thoha.

Dalam amanatnya Noor Thoha juga mengatakan bahwa selain berusia 17 tahun dan memiliki KTP Elektronik, para siswa dihimbau untuk memastikan agar sudah termasuk ke dalam DPT. “Ini menjadi penting, sebab selain memiliki KTP Elektronik, kalian juga saya himbau agar sudah terdaftar ke dalam DPT. Silahkan dicek ke kantor kelurahan atau kecamatan sesuai dengan alamat yang ada di KTP kalian,” himbau Noor Thoha.

Selain Noor Thoha dan Syahrul Karim yang menjadi pembina upacara, komisioner KPU Kota Balikpapan Mega Ferriani Ferry juga melakukan hal serupa, yaitu menjadi pembina upacara di SMK Negeri 6 Balikpapan. Di sekolah tersebut Mega juga menyampaikan agar para siswa yang sudah berusia 17 tahun atau pada saat pencoblosan sudah memasuki usia 17 tahun memiliki hak untuk memilih walikota dan wakil walikota Balikpapan.

Kami berpesan bagi adik adik yang sudah memiliki KTP elektronik dan sudah berusia 17 tahun pada 23 September nanti, agar memastikan dirinya sudah terdaftar sebagai pemilih. Kalian nanti tinggal datang saja kelurahan atau kecamatan tempat kalian tinggal, untuk memastikan apakah nama-nama kalian sudah masuk ke dalam DPT,” pesan Mega di hadapan ratusan siswa di sekolah tersebut.

Usai menyampaikan amanatnya, Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha dan Komisioner KPU Kota Balikpapan Mega Ferriani Ferry juga melakukan hal yang sama, yaitu memberikan soevenir kepada siswa siswi yang berhasil menjawab pertanyaan yang dilontarkan kepada mereka.

Kegiatan KPU Goes To School ini merupakan program sosialisasi yang difokuskan kepada pra pemilih dan pemilih pemula. Untuk tahun 2020 KPU Kota Balikpapan telah menargetkan pelaksanaannya di 20 (dua puluh) SMA/SMK dan Masdrasah Aliyah di Kota Balikpapan. (humaskpukotabalikpapan/adv)

Post Author: penakaltim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *