Peringati Hari Menanam Nasional dan Bulan Menanam Pohon, Pemkab PPU dan PHKT gelar Penanaman dan Penyuluhan 1.000 Bibit Pohon

Penajam -Dalam rangka memperingati Hari Menanam Nasional dan Bulan Menanam Pohon Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) bekerja sama dengan Pertamina Hulu Kalimantan Timur (PHKT) melaksanakan kegiatan penanaman dan penyulaman 1.000 bibit pohon mangrove dikawasan ekowisata mangrove Kelurahan Kampung Baru Kecamatan Penajam, Senin (13/01/2020).

 

Dalam kesempatan ini Bupati Penajam Paser Utara Abdul Gafur Mas’ud (AGM) mengapresiasi kegiatan PHKT, dimana penanaman pohon mangrove ini merupakan suatu bagian dari upaya bersama untuk melestarikan lingkungan dengan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menanam pohon mangrove di lingkungan masing-masing dan lebih terutamanya yang berada di sekitar pesisir pantai.

“Namun yang perlu kita ingat bahwa hal terpenting setelah kita melaksakan kegiatan hari ini adalah bagaimana kita merawat dan memelihara pohon mangrove yang kita tanam,” ujar AGM.

 

Pemerintah daerah juga memiliki wacana untuk menjadikan kawasan hutan mangrove kampung baru sebagai salah satu Ekowisata Mangrove yang ada di Penajam Paser Utara.

 

“Untuk itu saya menghimbau kepada instansi terkait untuk dapat mengembangkan konservasi dan rehabilitasi mangrove sebagai salah satu program wisata dengan meningkatkan partisipasi dan pemerdayaan masyarakat wisata”. Lanjut AGM.

 

AGM juga berharap dan menghimbau kepada masyarakat, khususnya para anggota kelompok tani maupun pemerhati lingkungan untuk dapat bersinergi dengan Pemerintah Daerah dalam menjaga kelestarian lingkungan dan ekosistemnya.

“Agar anak cucu kita masih dapat menikmati hijaunya pepohonan terutama pohon mangrove di sekitar pantai”, tegasnya.

Mari kita jaga lingkungan kita agar tetap lestari dan senantiasa memberikan manfaat bagi kita, khusunya bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat Penajam Paser Utara. (Diskominfo/mad/red)

Post Author: pena kaltim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *