Disdukcapil PPU Terapkan Pembuatan KIA Melalui Aplikasi Online

PENAJAM – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) terus berupaya mempermudah layanan kepengurusan administrasi kependudukan bagi warga, salah satunya menerapkan aplikasi online layanan pembuatan KIA.

“Layanan pembuatan atau pengurusan KIA saat ini dapat dilakukan melalui aplikasi online, Kami mulai mengaktifkan uji coba aplikasi online untuk pembuatan KIA pada Juni 2019 setelah Lebaran Idul Fitri,” kata Kepala Disdukcapil PPU Suyanto.

Ia juga mengatakan bahwa pihaknya telah mensosialisasikan kepada masyarakat setempat terkait penerapan sistem tersebut.

“Kami sudah melakukan sosialisasi penerapan aplikasi online layanan kepengurusan KIA di empat kecamatan mulai 16 Juli 2019, agar seluruh masyarakat mengetahui pengurusan KIA dapat dilakukan melalui aplikasi online,” ujarnya.

Lebih lanjut, Masyarakat yang ingin mengurus KIA anaknya tidak perlu datang ke Kantor Disdukcapil PPU, cukup mendaftar melalui aplikasi online layanan pengurusan KIA. Warga mendaftar dan melampirkan akta kelahiran dan foto anak, serta kartu keluarga dalam bentuk digital dan KIA dapat langsung diterbitkan.

“Dengan adanya penggunaan aplikasi online ini kami harap warga yang barada di daerah pelosok mudah mendapatkan akses layanan pengurusan KIA melalui online,”ucapnya

Ditambahkannya, para orang tua segera mengurus KIA karena tidak dipungut biaya atau gratis, dan KIA wajib dimiliki anak sebagai pengganti Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Post Author: pena kaltim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *